Friday 17 July 2015

Magical Mystery Magical Tour




"Roll up! Roll up for the magical mystery tour! Step right this way!"

Today was Magical Mystery Tour day!! To be honest, I was feeling like a dream that I've been to Liverpool, the city of The Beatles. Naik Magical Mystery Tour bus adalah salah satu mimpi tergila gw yang akhirnya jadi kenyataan. Yes, dreams do come true! Pagi itu berangkat dengan penuh semangat ke Albert Dock. Busnya parkir di dekat Beatles Story kita tinggal datang ke Ticket Office untuk tukar boarding card kita selama di bus. Tour ini full 2 jam menggunakan the famous Magical Mystery Tour bus. Selama perjalanan tour leadernya sangat interactive. The best partnya selama perjalanan dipasang musik-musiknya The Beatles!

Pertama kali kita melewati 10 Admiral Grove yang merupakan childhood home of Ringo Starr. Sayangnya kita tidak berhenti hanya numpang lewat saja. Saat di 12 Arnold Grove yang merupakan rumah masa kecil George Harrison, kita diperbolehkan turun untuk foto dan melihat lingkungan sekitarnya. Hal paling excited adalah ketika berhenti di Penny Lane. Judul lagu Panny Lane diambil dari salah satu nama jalan di Liverpool. Panny Lanne jadi inspirasi lagu dari The Beatles. Jadi dulu mereka selalu melewati jalan ini. Tidak jauh dari Panny Lane kita melewati Barber Shop yang masuk jadi inspirasi lirik di lagu tersebut. Duh kebayang tahun 60an John, Paul, George, dan Ringgo berkeliaran di sekitar sini. Kebayang tiba-tiba papasan langsung auto histeris.

Magical Mystety Tour Bus pun melewati St Peter’s Church Hall, gereja di mana John dan Paul bertemu untuk pertama kalinya dan memutuskan untuk ngeband bareng. This is where all begins! Sayang tidak mampir padahal penasaran mau flash back di dalam kaya gimana. Btw, di sini terbaring makam Eleanor Rigby. Kalo pernah denger lagu berjudul Eleanor Rigby yang menceritakan mengenai kesepian seseorang yang mendalam. Semua cerita di lagu ini adalah fiksi yang dicipatakan oleh Sir Paul McCartney. Tapi secara kebetulan ditemukan lah makam dengan nama yang sama dengan kisah hidup seperti dicerita dalam lagu tersebut. Eleanor Rigby lahir pada tahun 1895 dan hidup di Liverpool. Beberapa meter di sekitarnya, ditemukan pula nisan seseorang dengan nama belakang McKenzie seperti di lirik lagunya. What a coincidance!

Next stop yang kita diperbolehkan turun adalah pintu gerbang yang menjadi inspirasi lagu Strawberry Fields Forever. Lagu ini terinspirasi dari kenangan masa kecil John Lennon yang bermain di taman bernama Strawberry Fields. Lokasinya tidak jauh dari rumah John tinggal di Woolton bersama Aunt Mimi. Sekarang taman ini ditutup tapi kita bisa berhenti untuk foto sambil ngintip dari depan pintu gerbang berwarna merah ini. Ditemboknya banyak tulisan serta graffiti dari fans The Beatles. Kalo beruntung mungkin bisa nemu the real signature personil of The Beatles. Stay here for awhile and listen to the Strawberry Fields song, you will be feeling super amazing! It's just like a dream.

Selanjutnya yang paling ditunggu adalah rumah masa kecil John Lennon di Mendips dan Paul McCartney di 20 Forthlin Road. Sedihnya di Mendips kita ga berhenti, bus berjalan pelan melewati depan rumah John Lennon tinggal bersama bibinya. Kita berhenti turun di 20 Forthlin Road karena rumahnya tidak dipinggir jalan harus jalan sekitar 100 meter dari halte bus terdekat. Tiba di rumah Paul sudah agak ramai dengan orang-orang yang ambil house tournya. Sebenarnya kalo tertarik masuk ke dalam rumah John dan Paul bisa tapi dengan tour yang berbeda. Kita bisa cek di website National Trust UK harganya £27.50 untuk non-member. Menurut gw, saat itu, mahal no budget lagi jadi dengan berat hati di skip lah kesempatan itu. Insyaallah, I'll be back here and I'll take the The Beatles's home tour.


On the way to our last stop, kita melewati former schools and colleges of John, Paul, George and Ringo including the Art College and the Liverpool Institute (now LIPA). Dulu di sini lah mereka belajar dan berkumpul. The last stop adalah the Cavern Club. The Magical Mystery Tour is the only Beatles tour that finishes at the legendary Cavern Club. Tiket tour sudah termasuk free masuk ke Cavern di sore hari sesuai tanggal pembelian tiket tour. I had a gread day!





xoxo,
RIFKA

No comments:

Post a Comment